Handling Customer Complaints

Indikator bagi kesuksesan sebuah perusahaan bukan semata diukur dari banyak sedikitnya komplain yang mereka terima, namun pada bagaimana perusahaan tersebut menangani dan menindaklanjuti keluhan yang ada. Keluhan konsumen pada dasarnya merupakan bentuk kepedulian konsumen pada perusahaan, sehingga hal ini harus dikelola dengan cara terbaik sehingga menjadi sumber dan inspirasi perbaikan bagi perusahaan.

Keluhan (complaint) menjadi salah titik krusial perjalanan perkembangan perusahaan jika ditinjau dari siklus continous improvement. Keluhan menjadi dasar bagi perbaikan dan penyempurnaan produk maupun layanan yang diberikan perusahaan. Dengan demikian, pengelolaan keluhan yang baik pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas perusahaan secara umum. Pengelolaan keluhan yang baik dan efektif tentu saja tidak hanya melibatkan sistem manajemen yang berkualitas namun juga diimplementasikan oleh orang-orang yang cakap dan berkualitas pula. Pelatihan ini akan menunjukkan bagaimana penangan keluhan memiliki peran penting bagi pertumbuhan perusahaan dan bagaimana mengelolanya. Studi kasus dan role playing akan membantu peserta memahami dan menerapkan materi-materi yang sudah diperoleh.

Tujuan Training :

  1. Mendorong serta membantu peserta mengetahui dan memahami peran dan manfaat pengelolaan keluhan bagi keberlanjutan perusahaan
  2. Menunjukkan kepada peserta bagaimana keluhan dapat dikelola dengan berbagai cara mulai dari aspek personal hingga korporasional
  3. Melatih peserta untuk mampu menghadapi dan mengelola keluhan baik keluhan yang bersifat internal maupun eksternal

Materi Training :

  1. Pengertian keluhan (complaint)
  2. Sistem penanganan keluhan pelanggan
  3. Langkah-langkah menangani komplain
  4. Menumbuhkan sikap proaktif dalam menghadapi komplain
  5. Communication skills dalam menghadapi komplain
  6. Pengantar manajemen emosi

Siapa Yang Sebaiknya Mengikuti Training Ini ?

  1. Mereka yang menangani keluhan dan aduan dari konsumen
  2. Mereka yang bekerja di bidang pengelolaan keluhan perusahaan
  3. Para manajer yang terlibat di bidang pengelolaan keluhan dan layanan konsumen

Metode Training :

  1. Presentasi
  2. Diskusi
  3. Games
  4. Studi kasus
  5. Role play (bermain peran)
  6. Simulasi

Trainer :

Dr. Achmad Fadjar.,S.E.,M.Si.,Ak.,CA

Doktor lulusan Universitas Padjadjaran  adalah  praktisi serta konsultan senior dalam bidang Akunting, Finance, Marketing dan HR Training & Development. Telah lebih dari sepuluh tahun beliau sebagai praktisi dan pengajar, telah banyak membantu para klien dalam membuka wawasan dan menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan dengan effective dan effisien. Pengalaman sekian lama  telah mengantar beliau dalam penguasaan berbagai topik ilmu antara lain Effective Presentation & Negotiation Skill,  Interpersonal Skill and Communication Skill, Leadership & Team Development for Management Success,  SDM Berbasis Kompetensi, Outsourcing Management, Tender & Contract System , Financial & Budgeting serta banyak lagi topik lainnya.

Jadwal & Investment:

TempatTanggalInvestment (Online)Investment (Offline)
Bandung7 - 8 Januari 20243.500.0005.000.000
Bandung4 - 5 Februari 20243.500.0005.000.000
Bandung8 - 9 April 20243.500.0005.000.000
Bandung6 - 7 Mei 20243.500.0005.000.000
Bandung3 - 4 Juni 20243.500.0005.000.000
Bandung1 - 2 Juli 20243.500.0005.000.000
Bandung5 - 6 Agustus 20243.500.0005.000.000
Bandung1 - 2 September 20243.500.0005.000.000
Bandung1 - 2 Oktober 20243.500.0005.000.000
Bandung4 - 5 November 20243.500.0005.000.000
Bandung2 - 3 Desember 20243.500.0005.000.000

Durasi Training : 2 hari

In Class Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break

Online Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out (soft copy)
  2. Sertifikat

click to chat FEI Training