Generic selectors
    Exact matches only
    Search in title
    Search in content
    Search in posts
    Search in pages

Problems Solving and Decision Making

Problems Solving and Decision Making

Tempat Tanggal Investment (IDR)
Bandung 14-15 Januari 2020 4.500.000
Bandung 13-14 Februari 2020 4.500.000
Bandung 12-13 Maret 2020 4.500.000
Bandung 14-15 April 2020 4.500.000
Bandung 11-12 Juni 2020 4.500.000
Bandung 14-15 Juli 2020 4.500.000
Bandung 13-14 Agustus 2020 4.500.000
Bandung 10-11 September 2020 4.500.000
Bandung 13-14 Oktober 2020 4.500.000
Bandung 12-13 November 2020 4.500.000

Deskripsi :

Keberhasilan seorang pemimpin sering sekali bergantung kepada kreativitas dan kemampuannya dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan memberikan arahan yang jelas  kepada bawahannya. Kemampuan berkomunikasi, memotivasi dan kreativitas yang tinggi akan menjadi modal yang utama untuk menghasilkan keputusan-keputusan yang berkualitas yang didukung oleh semua lapisan dan level manajemen. Menjadi suatu keharusan bagi setiap pemimpin untuk memecahkan masalah dengan menggunakan perangkat dan teknik pengambilan keputusan sistematis sehingga  dapat dimengerti dan dipahami oleh setiap orang diperusahaan. Transparansi  dan akuntabilitas dalam pengambilan keputusan menjadi suatu syarat yang mutlak pada masa kini untuk menjaga reputasi dan kredibilitas dari keputusan tersebut. Setiap keputusan dan masalah yang akan diambil harus melalui suatu proses yang profesional dengan menggunakan metode-metode seperti mengidentifikasi masalah , mengumpulkan data, informasi yang benar, solusi yang tepat, evaluasi atas dampak dari keputusan. Training dua hari ini akan membahas konsep problem solving dan teknik decision making secara terpadu dan mendalam baik dengan menggunakan teknik kualitatif maupun kuantitatif.

 

Tujuan :

Setelah mengikuti Training ini diharapkan peserta :

  • Dapat merumuskan masalah secara spesifik dan sistematis
  • Dapat mengidentifikasi sebab masalah secara sistematis serta dapat memilih informasi yang benar dan relevan.
  • Dapat mengembangkan alternatif dan membuat keputusan dengan tepat dan rasional
  • Dapat menyusun implementasi keputusan dan memantau hasilnya.

 

Outline :

  1. Mengapa Problem Solving dan decision making penting
    • Perusahaan akan selalu menghadapi masalah dan diperlukan pemecahan masalah yang cepat dan tepat.
    • Para eksekutif perusahaan harus mampu memecahkan masalah yang ada.
    • Proses pemecahan masalah selalu dilanjutkan dengan proses pengambilan keputusan.
  2. Tantangan yang dihadapi perusahaan
    • Perubahan lingkungan eksternal perusahaan yang semakin cepat dan kompleks.
    • Perubahan tuntutan dari stakeholder yang semakin meningkat
    • Ruang lingkup permasalahan yang dihadapi perusahaan semakin meluas/global.
  3. Relevansi Problem Solving untuk perusahaan.
    • Teknik melatih cara bertindak berdasarkan konsepsi dan sistematika yang baik.
    • Metoda penentuan pilihan secara rasional, memaksimalkan hasil dan meminimumkan resiko.
    • Metoda pemberdayaan kemampuan berfikir SDM dalam perusahaan.
    • Teknik membuat keputusan berdasarkan masalah prioritas.
    • Manajer sebagai pembuat keputusan yang tepat.
  4. Analisis Persoalan
    • Introduksi pemecahan masalah
    • Konsep analisis persoalan
  5. Analisis Situasi
    • Identifikasi Masalah
    • Teknik memilah-milah masalah
    • Penentuan jenis masalah
    • Penentuan prioritas masalah
  6. Analisis Keputusan
    • Konsep analisis keputusan
    • Pengembangan alternatif
    • Memilih alternatif terbaik & konsekuensinya
  7. Analisis Persoalan Potensial
    • Pengertian persoalan potensial
    • Mengenali bidang kegiatan yang perlu diwaspadai
    • Menyiapkan tindakan preventif dan protektif
  8. Information Overload – Penerapan “Mind Mapping”
    • Manfaat mind map.
    • Mengamati masalah secara keseluruhan.
    • Konsentrasi
    • Memorizing
    • Organizing
    • Komunikasi
    • Planning
    • Meeting
    • Training
    • Thinking
    • Negotiation
    • Brainstorming
    • Diskusi
  9. Problem Solving yang berlandaskan pada Tim dan hubungan transaksional
    • Dinamika kelompok.
    • Alasan pemecahan masalah dengan m,enggunakan team.
    • Dari organisasi vertikal ke organisasi horisontal.
    • Klasifikasi perilaku manusia.
    • Karakteristik pola pengambilan keputusan dalam team.
    • Karakteristik pola komunikasi.
    • Karakteristik pola rapat.
    • Ciri team kerja yang efektif
  10. Teknik Analisis Keputusan
    • Lingkup Keputusan
    • Siklus Analisis Keputusan
    • Diagram Keputusan
    • Penentuan Pilihan
    • Model dan Nilai Kemungkinan
    • Preperensi atas resiko dan fungsi utility
    • Nilai Informasi
  11. Studi Kasus

 

Trainer :

Ir. H.Dadang Hendriana,MSc

Lulusan Teknik Industri ITB yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan manajemen Supply Chain, Project, strategi dan manajemen risiko serta sebagai public Trainer Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan di antaranya Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, BP Migas, Chevron, Tjiwi Kimia, Unilever, Krakatau Steel dll.

Durasi Training : 2 hari

Venue : Bandung

Investment :

  • Rp 4.500.000,- / Peserta

Termasuk :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break
  9. Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan ke hotel tempat training

 


Daftar Training FEI

Training Berjalan

Artikel

Daftar Training