Administrasi Perkantoran

Pengelolaan proses administrasi yang efektif dan efisien diperlukan untuk mendukung aktivitas bisnis perusahaan. Lancarnya administrasi suatu kantor akan meningkatkan kehandalan perusahaan dalam menghadapi perubahan dan perkembangan dunia usaha. Keterhambatan dalam proses administrasi akan mengganggu penjadwalan aktivitas yang tidak sesuai dan tidak tepat waktu, arsip yang berantakan dan klasifikasi dokumen tidak konsisten, penyelesaian pekerjaan yang tidak tepat waktu dan banyak lagi hal-hal buruk yang bersumber dari pengelolaan administrasi yang tidak optimal sehingga akan memerlukan anggaran yang lebih besar dari perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan skill sumber daya manusia yang handal dalam bidang mengelola administrasi perkantoran sehingga mampu mengkoordinasi segala kegiatan administrasi perkantoran dengan rapi dengan pemahaman dan kemampuan untuk membuat perencanaan, melakukan implementasi, kontrol dan pelaporan serta melakukan proses pengelolaan arsip administrasi perkantoran yang baik.

 Materi Training :

  1. Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Modern
    • Pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan karakteristik administrasi perkantoran modern
    • Struktur manajemen administrasi perkantoran
  1. Struktur Tata Letak Ruang Kantor
    • Pengertian, tujuan, azas dan jenis tata letak ruang kantor
    • Penyusunan tata letak fasilitas dari kantor
    • Prinsip dasar dari 5R dalam tata ruang kantor
  1. Pengertian, ciri, isi, Fungsi, dan jenis surat
    • Langkah-langkah dalam penyusunan surat (format, bahasa, dll)
    • Memperhatikan surat masuk dan surat keluar
  1. Manajemen Kearsipan
    • Pengertian Arsip
    • Arsip berdasarkan fungsi
    • Pengelolaan & Pengorganisasian Arsip
    • Daur Hidup Arsip
  1. Membuat Standar Operating Procedure (SOP)
    • Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Manfaat SOP
    • Prinsip-prinsip dan pembuatan SOP
  1. Sistem informasi manajemen dan prosedur perkantoran
  2. Administrasi personalia: administrasi rekrutmen, administrasi pelatihan, administrasi penggajian
  3. Administrasi pembelian: surat menyurat dalam proses pembelian, pembuatan purchase order, work order
  4. Administrasi penjualan: pembuatan proposal, surat penawaran, quotation harga
  5. Studi kasus implementasi dan pemanfaatan teknologi pada aktivitas administrasi perkantoran.

Trainer :

Dr.Arief Rahmana., ST.,MT, CIPMP

Lulusan Teknik Industri Universitas Pasundan, Program Magister Program Studi Teknik Manajemen Industri Konsentrasi Manajemen Industri di Institut Teknologi Bandung dan juga Doktor Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Konsentrasi Pelatihan dan Pengembangan SDM Universitas Pendidikan Indonesia, sejak 2008 sebagai Dosen Tetap di Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama Bandung, Ia telah memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan.

Jadwal & Investment :

TempatTanggalInvestment (Online)Investment (Offline)
Bandung16 - 17 Januari 20243.500.0005.000.000
Bandung13 - 14 Februari 20243.500.0005.000.000
Bandung16 - 17 April 20243.500.0005.000.000
Bandung15 - 16 Mei 20243.500.0005.000.000
Bandung12 - 13 Juni 20243.500.0005.000.000
Bandung10 - 11 Juli 20243.500.0005.000.000
Bandung14 - 15 Agustus 20243.500.0005.000.000
Bandung11 - 12 September 20243.500.0005.000.000
Bandung14 - 15 Oktober 20243.500.0005.000.000
Bandung13 - 14 November 20243.500.0005.000.000
Bandung11 - 12 Desember 20243.500.0005.000.000

Catatan : Permintaan tanggal khusus bisa disesuaikan berdasarkan syarat  dan ketentuan yang berlaku

Durasi Training                 : 2 hari

Offline Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break

Online Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out (soft copy)
  2. Sertifikat

 

FEI Training and Management Consulting

Contact                : Dinar

Phone                   : 0811-1111-7040

click to chat FEI Training