Contract Management

Contract Management menjadi salah satu bagian penting dalam aktivitas pengadaan barang dan Jasa Perusahaan. Pengelolaan Kontrak ini diperlukan untuk mendukung kegiatan proses bisnis perusahaan dengan menjaga komitmen Supplier yang memiliki kekuatan hukum untuk menyerahkan/menghasilkan barang jasa sesuai dengan kesepakatan dari harga, mutu dan waktu. Aspek-aspek kebijakan dan kegiatan komersial yang didukung dengan kemampuan teknik dapat dimintakan oleh perusahaan kepada Suppliernya dengan dituangkan dalam syarat dan ketentuan dalam kontrak.

Supply risk dapat terus dijaga dengan melakukan perencanaan, implementasi dan kontrol dan monitoring kontrak yang tepat dan upaya dalam mendukung perusahaan untuk melakukan penciptaan nilai (value creation) dapat terus dilakukan dengan memastikan supplier melakukan aktivitas/kegiatannya dalam menyerahkan/menghasilkan barang jasa yang dibutuhkan perusahaan sesuai kinerja yang diharapkan dan telah disepakati bersama.

Training ini akan mengajak peserta untuk memahami konsep dan best practices dalam Contract Management dan mencoba menerapkan pada Perusahaan masing-masing dengan mempertimbangkan kondisi di perusahaan masing-masing.

Sasaran Belajar :

  • Memahami konsep, definisi, dan lingkup Contract Management di dalam Procurement/Purchasing
  • Memahami perbedaan antara contract management dan contract administration
  • Memahami siklus proses contract management
  • Mengetahui pembagian peran antara procurement dan tim legal dalam contract management.
  • Mengetahui isu-isu/permasalahan umum dan pengenalan resiko dalam contract management
  • Memahami langkah-langkah dalam perencanaan, pembuatan dan kontrol monitoring kontrak dengan menggunakan template, tool, dan model dalam setiap langkah  dalam  Contract Management dalam studi kasus di perusahaan masing-masing

Materi Training :

  1.  Definisi, Keterkaitan dengan Sourcing Activities dan Lingkup Contract Management
    1. Definisi Contract Management
    2. Para pihak yang terlibat dalam Contract Management beserta tanggung jawab dan wewenang masing – masing
    3. Pemahaman akan jenis – jenis aktifitas pengadaan/pembelian berdasarkan supply risk dan kepentingannya bagi perusahaan dan kesuaiannya dengan jenis-jenis kontrak
    4. Perbedaan antara Contract Management dan Contract Administration
    5. Siklus Contract Management
  2. Isu permasalahan Umum dan Pengenalan Resiko dalam Contract Management
    1. Isu-isu dalam penyusunan dan negosiasi kontrak (negosiasi terms and condition, pembagian peran tim procurement dan legal dst)
    2. Isu-isu dalam perselisihan/sengketa kontrak
    3. Pengenalan resiko-resiko dalam Contract Management (Resiko perubahan terms & condition, resiko negosiasi kontrak, resiko legal kontrak dst)
  3. Pengenalan Umum kontrak pembelian
    1. Definisi kontrak
    2. Pihak – Pihak yang terlibat dalam Berapa banyak pihak yang bisa terlibat di dalam Kontrak
    3. Istilah-istilah umum dalam kontrak
    4. Hak dan Kewajiban pihak pembeli dan penjual dalam kontrak pembelian
    5. Jenis-jenis kontrak (kapan jenis kontrak digunakan dan bagaimana cara menggunakannya)
    6. Penggunaan Template Kontrak
    7. Kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan dalam pengelolaan kontrak
  4. Permintaan, penyusunan draft dan negosiasi kontrak
    1. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Permintaan pembuatan kontrak (contract request)
    2. Klausula-klausula umum dalam kontrak
    3. Syarat dan ketentuan(terms and condition) dalam kontrak
    4. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan kontrak (tracking changes, pihak yang mereview draft kontrak dst)
    5. Negosiasi kontrak (Persiapan dan pelaksanaan negosiasi serta hal-hal umum yang dapat dinegosiasikan)
    6. Persiapan pengajuan persetujuan dan penandatanganan kontrak Kontrol
  5. Monitoring dan Pengadministrasian Kontrak
    1. Hal-hal penting yang harus dikontrol dan monitor dan pihak2 yang terlibat dalam kontrol monitoring kontrak
    2. Penilaian kinerja kontrak
    3. Penerapan denda dan penalty dalam kontrak
    4. Review dan Perubahan kontrak
    5. Teknik pengadministrasian kontrak (pelaporan, analisis dan pengingat status kontrak)
    6. Penghentian/terminasi kontrak

Metode pelatihan :

Training akan difasilitasi oleh instruktur yang tersertifikasi  oleh  lembaga  internasional  dan  mempunyai pengalaman praktis sebagai profesional procurement, dengan pendekatan penerapan, interaktif, sharing pengalaman, latihan, dan membuat rencana implementasi Contract Management di perusahaan masing-masing.

Sasaran Peserta Training :

Para buyer, pengelola kontrak dan praktisi Procurement level menengah dan atas.

Trainer :

Ragil Purwanto, ST, CIPM

Profile Highlight: Having a broad experience and proven ability to achieve corporate business goals through providing leadership of business initiatives in procurement and strategic sourcing activity, supplier risk and relationship management, contract management, facility and project management, account payable and cost control.

Formal Education: S1(Bachelor Degree): Civil Engineering from ITB.

Job experience: in Procurement area in various companies: PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Financial Services), PT. Bank Ekonomi Raharja, Tbk – member HSBC Group (Financial Services) and PT. HSBC Indonesia (Financial Services). Latest Position: Procurement Division Head

Trainer &consultan experience: various companies and institution: Bank OCBC NISP, Bank Ekonomi, Bank Indonesia, Tiga Pilar Sejahtera, Tbk (TPS Food), Bukit Muria Jaya (Djarum Grup), Prudential, PT. Bio Farma Persero PT. Indo Kordsa, PT. Keihin Indonesia, Public Training dll)

Professional certification: International Procurement Manager (CIPM), Purchasing and Supply Chain Management Institute (PSCMI)

Areas of Expertise: Purchasing & Procurement Management, Strategic Sourcing, Supplier Relationship Management, Cost Saving Strategy, Contract Management.

Jadwal & Investment :

TempatTanggalInvestment (Online)Investment (Offline)
Bandung9 - 10 Januari 20243.500.0005.000.000
Bandung6 - 7 Februari 20243.500.0005.000.000
Bandung10 -11 April 20243.500.0005.000.000
Bandung8 - 9 Mei 20243.500.0005.000.000
Bandung5 - 6 Juni 20243.500.0005.000.000
Bandung3 - 4 Juli 20243.500.0005.000.000
Bandung7 - 8 Agustus 20243.500.0005.000.000
Bandung3 - 4 September 20243.500.0005.000.000
Bandung7 - 8 Oktober 20243.500.0005.000.000
Bandung6 - 7 November 20243.500.0005.000.000
Bandung4 - 5 Desember 20243.500.0005.000.000

Catatan: Permintaan tanggal khusus bisa disesuaikan berdasarkan syarat  dan ketentuan yang berlaku

Durasi Training :  2 hari

Offline Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break

Online Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out (soft copy)
  2. Sertifikat

 

Contact Us For More Information:

Contact:Dinar
Phone:0811-1111-7040

click to chat FEI Training