Practical Warehousing and Inventory Control

Manajemen logistik dan Pergudangan memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, suku cadang maupun produk jadi. Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan sangat berpengaruh pada performansi perusahaan secara keseluruhan. Training ini akan membahas aspek operasional sistem manajemen  pergudangan. Karena titik utama pembahasan adalah masalah operasional logistik dan administrasi pergudangan, maka Training ini sangat cocok untuk para eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah. Di dalam Training ini,selain aspek manajemen juga akan dibahas secara terinci sistem dan prosedur administrasi pergudangan, laporan yang harus dihasilkannya beserta contoh setiap jenis formulir yang diperlukan.

Manfaat setelah mengikuti :

  • Memahami Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
  • Pemeriksaan/Pengujian Barang.
  • Administrasi Penerimaan Barang.
  • Administrasi Penyimpanan Barang.
  • Akuntansi Persediaan.
  • Konsep inventory control.
  • Administrasi Distribusi Barang.
  • Laporan Sistem Pergudangan.
  • Inventarisasi dan auditing persediaan
  • Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan
  • Pengukuran performansi sistem pergudangan dan distribusi.

Materi Training :

  1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
    • Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik.
    • Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.
    • Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.
    • Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan.
    • Aktivitas gudang
    • Struktur Pergudangan
    • Pemilihan Lokasi Gudang
  2. Pemeriksaan/Pengujian
    • Dasar Pemeriksaan Barang.
    • Sifat fisik barang kertas.
    • Kriteria Pemeriksaan total dan sampling.
    • Penentuan ukuran sample.
    • Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang.
  3. Administrasi Penerimaan Barang.
    • Prasyarat penerimaan barang.
    • Pembentukan team penerimaan barang.
    • Kriteria penerimaan barang.
    • Sistem dan Prosedur Administrasi Penerimaan Barang.
    • Dokumen penerimaan barang.
    • Berita Acara Penerimaan Sementara.
    • Berita Acara Penerimaan Barang.
    • Penyusunan laporan transaksi barang.
  4. Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.
    • Sistem dan Prosedur Administrasi Penyimpanan Barang.
    • Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang.
    • Tatacara Pengisian Kartu Barang.
    • Kode Lokasi Barang.
    • Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan
    • Tatacara perhitungan nilai persediaan barang
  5. Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil.
    • Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.
    • Pengendalian kualitas dan kuantitas.
    • Packaging.
    • Identifikasi produk.
    • Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan
    • Pengendalian persediaan.
    • Authomatic identification method
  6. Tata letak (Lay Out) Gudang.
    • Pedoman umum pengaturan tata letak gudang.
    • Beberapa alternatif tata letak gudang.
    • Hubungan tataletak dan material handling.
  7. Akuntansi Persediaan.
    • Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.
    • Kontrol intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan prosedur administrasi pergudangan.
    • Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First Out), LIFO (Last in First Out), dan AVERAGE.
    • Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi.
  8. Laporan Sistem Pergudangan.
    • Laporan status persediaan.
    • Laporan Transaksi Barang.
    • Klasifikasi
    • Statistik Pemakaian Barang.
    • Laporan Perhitungan Inventory Control.
  9. Inventory Control Techniques dan JIT (Just in Time) inventory management
    • Klasifikasi persediaan.
    • Biaya persediaan.
    • Sistem pengendalian persediaan.
    • Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk Independent – material
    • Fixed order period inventory system
    • JIT inventory management.
  10. Inventarisasi dan auditing persediaan
    • Manfaat inventarisasi persediaan.
    • Teknik inventarisasi persediaan.
    • Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.
    • Laporan Hasil inventarisasi.
  11. Studi kasus Manajemen Pergudangan dan Distribusi.

 

Metoda :

Ceramah,diskusi, studi kasus dan praktikum  QSB (Quantitative System for Business).

Anda seharusnya hadir :

Manajer logistik dan staff, manajer pergudangan dan staff,manajer pengadaan dan staff, manajer keuangan dan staff, manajer Supply Chain dan staff serta semua posisi yang erat hubungannya dengan manajemen persediaan dan pergudangan

Trainer :

Ir. Asep Saefulbachri, MBA.,MM.& Team

Lulusan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan manajemen Supply Chain, Project, strategi dan manajemen risiko serta sebagai public Trainer lebih dari 25 tahun. Dalam 10 tahun terakhir ia telah menjadi pembicara di lebih dari 500 forum Training nasional dan internasional. Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan di antaranya Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, BP Migas, Chevron, Tjiwi Kimia, Unilever, Krakatau Steel, PT. Vale Indonesia, dll. Ia juga berpengalaman menjadi konsultan business plan di Telkom, Telekomunikasi Indonesia Internasional dll.

Pendidikan MBA beliau tempuh dari Asian Institute of Management Manila serta Magister Management dari sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB Telkom). Beliau juga mengikuti pendidikan singkat lainnya di Arizona State university USA, ATI-Edmonton, Canada, dan Siemens-Munich West Germany. Pengalaman profesional beliau lebih dari 25 tahun, antaranya di Direktorat Logistik PT Telkom (1981 – 1993), Manajer Pengembangan usaha PT Bangtelindo Bandung (1996 – 1997), Managing Director PT.FEI Training Provider and management Consulting) Bandung, Course Director Strategic Forum Expertise Sdn Bhd Kuala Lumpur, Malaysia (sejak 1995), Dosen tetap dibeberapa perguruan tinggi untuk program S1 Jurusan Teknologi Industri (sejak 1993) dan program pasca sarjana (S2) Teknik & Manajemen Industri (sejak 1992).

Jadwal & Investment :

TempatTanggalInvestment (Online)Investment (Offline)
Bandung16 - 17 Januari 20243.500.0005.000.000
Bandung13 - 14 Februari 20243.500.0005.000.000
Bandung16 - 17 April 20243.500.0005.000.000
Bandung15 - 16 Mei 20243.500.0005.000.000
Bandung12 - 13 Juni 20243.500.0005.000.000
Bandung10 - 11 Juli 20243.500.0005.000.000
Bandung14 - 15 Agustus 20243.500.0005.000.000
Bandung11 - 12 September 20243.500.0005.000.000
Bandung14 - 15 Oktober 20243.500.0005.000.000
Bandung13 - 14 November 20243.500.0005.000.000
Bandung11 - 12 Desember 20243.500.0005.000.000

Catatan: Permintaan tanggal khusus bisa disesuaikan berdasarkan syarat  dan ketentuan yang berlaku.

Durasi Training :  2 hari

Offline Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break

Online Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out (soft copy)
  2. Sertifikat

 

Contact Us For More Information:

Contact:Dinar
Phone:0811-1111-7040

click to chat FEI Training