December 18, 2017

Banner Public Training
Banner Public Training
Testimoni
  • Materi Training sesuai dengan bidang pekerjaan, Reska Pragusta PT. IPMOMI

  • Sangat bermanfaat untuk di aplikasikan di perusahaan kami, Agus Rinrin PT. ASKRIDA

  • Penyelenggaraan dan kemampuan instruktur sudah baik semoga dapat dipertahankan, Damanhuri PT. Indonesia Power

Standard Operating Procedure (SOP)

Bandung|            16-17 Februari 2017                 | Rp 4.500.000,-
Bandung|            16-17 Maret  2017                     | Rp 4.500.000,-
Bandung|            18-19 April 2017                       | Rp 4.500.000,-
Bandung|            18-19 Mei 2017                         | Rp 4.500.000,-
Bandung|            18-19 Juli  2017                        | Rp 4.500.000,-
Bandung|            15-16 Agustus  2017                 | Rp 4.500.000,-
Bandung|            18-19 September  2017            | Rp 4.500.000,-
Bandung|            17-18 Oktober  2017                 | Rp 4.500.000,-
Bandung|            16-17 November  2017             | Rp 4.500.000,-
Bandung|            19-20 Desember  2017             | Rp 4.500.000,-

 

Deskripsi :

Standard Operating Procedure ( SOP ) adalah aturan  yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi untuk menjalankan suatu proses kerja .

Secara umum hal hal penting yang ditetapkan dalam suatu aturan menjalankan suatu proses kerja adalah : Tujuan /output proses kerja  , rincian proses kerja berupa kegiatan kerja  yang harus dilakukan,  kelompok kerja/ unit organisasi yang bertanggung  jawab melaksanakan  kegiatan kerja , definisi pengertian teknis atau konsep yang berkaitan dengan proses kerja .

Berdasarkan  peranan dan fungsinya , SOP  dapat dikelompokkan sebagai salah satu sarana menjalankan langsung proses manajemen untuk itu hal hal yang ditetapkan dalam SOP harus mengacu kepada referensi berupa perangkat manajemen yaitu : proses bisnis , manual Organisasi dan Sistem Informasi.

Proses bisnis  suatu perusahaan / instansi  pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk  menetapkan  Proses kerja yang ditetapkan untuk dijalankan

Apabila  semua SOP yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi dijalankan dengan lancar dan berhasil maka hal itu berarti proses bisnis berjalan dengan tujuan yang ditetapkan  .

Manual Organisasi suatu perusahaan / instansi  pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Unit Organisasi  yang  bertanggung jawab dalam menjalankan proses kerja yang ditetapkan .

Sistem Informasi suatu perusahaan / instansi  pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk merinci kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan data/ informasi.

Untuk  menghasilkan SOP yang sesuai dengan peranan dan fungsinya maka proses  penanganannya   dilakukan dengan  tahapan sebagai berikut  : Analisa dan Identikasi kebutuhan SOP, Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi, Audit , Analisa hasil audit dan  Revisi .

Pelaksanaan  setiap tahap proses penanganan SOP harus terarah dan terkendali hal ini  dimaksudkan  untuk menghasilkan dan menjalankan SOP sesuai dengan peranan fungsi yang menunjang  jalannya proses bisnis .

Pengarahan dan pengendaliaan penanganan SOP harus ditunjang dengan pengelolaan dokumen dimana hasil penyusunan, audit dan revisi SOP dikomunikasikan secara formal melalui dokumen

Sumber daya manusia yang diperlukan untuk  menangani SOP terdiri dari beberapa profesi yang masing masing mempunyai  spesikasi sebagai berikut :

  1. Procedure analyst dengan spesifikasi :
    • mampu mengkaji Proses bisnis , manual organisasi dan Sistem Informasi .
    • Mampu mengidentifikasi kebutuhan SOP
    • mampu menyusun dan merevisi SOP ,
    • mampu mensosialisi SOP
  2. Pengatur penanganan SOP  , dengan spesifikasi :
    • Mampu membuat perencanaan pengembangan SOP
    • Mampu mengarahkan disetiap tahap proses penanganan SOP
    • Mampu mengendalikan jalannya setiap tahap proses penanganan SOP
  3. Petugas Pelaksana SOP , dengan spesifikasi :
    • Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
    • Mempunyai kemampuan menjalankan proses kerja yang ditetapkan dalam SOP
    • Mampu bekerja sama dengan unit kerja lainnya yang sama sama terlibat menjalankan SOP
  4. Pejabat struktural organisasi pelaksana SOP dengan spesifikasi :
    • Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
    • Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
    • Mampu mengendalikan kelancaran pelaksanaan SOP
  5. Auditor SOP dengan  spesifikasi  :
    • Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
    • Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
    • Mampu mengidentifikasi dan menganalisa secara komprehensip permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan SOP

Tujuan / Manfaat :

Dengan mengikuti Training / kelas ini, peserta akan:

  1. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
  2. Memahami proses penanganan SOP secara lengkap
  3. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
  4. Dapat menyusun SOP sesuai dengan spesifikasi
  5. Memahami spesifikasi  sumber daya manusia untuk melaksanakan penanganan SOP
  6. Memahami pengelolaan dokumen  penunjang proses penanganan SOP

 

Materi Training :

  1. Proses bisnis
  2. Manual Organisasi
  3. Sistem Informasi
  4. Peran dan  Fungsi  SOP
  5. Spesifikasi Sop
  6. Referensi SOP
  7. Siklus proses penanganan SOP
    1. Pengkajian proses bisnis
    2. Identifikasi Kebutuhan
    3. Penyusunan dan Penetapan
    4. Sosialisasi
    5. Implementasi
    6. Audit
    7. Analisa hasil Audit
    8. Revisi
  8. Gambaran diagram  alir  proses  penanganan SOPManajemen   proses  penanganan SOP
  9. Sumber daya  manusia  penanganan SOP
  10. Pengelolaan dokumentasi  penanganan  SOP

Work shop  penyusunan  SOP

Trainer :

Ir. Asep Saefulbachri, MBA.,MM.& Team

lulusan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan manajemen Supply Chain, Project, strategi dan manajemen risiko serta sebagai public Trainer lebih dari 25 tahun. Dalam 10 tahun terakhir ia telah menjadi pembicara di lebih dari 500 forum Training nasional dan internasional. Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan di antaranya Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, BP Migas, Chevron, Tjiwi Kimia, Unilever, Krakatau Steel, PT. Vale Indonesia, dll. Ia juga berpengalaman menjadi konsultan business plan di Telkom, Telekomunikasi Indonesia Internasional dll. Pendidikan MBA beliau tempuh dari Asian Institute of Management Manila serta Magister Management dari sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB Telkom). Beliau juga mengikuti pendidikan singkat lainnya di Arizona State university USA, ATI-Edmonton, Canada, dan Siemens-Munich West Germany. Pengalaman profesional beliau lebih dari 25 tahun, antaranya di Direktorat Logistik PT Telkom (1981 – 1993), Manajer Pengembangan usaha PT Bangtelindo Bandung (1996 – 1997), Managing Director PT.FEI Training Provider and management Consulting) Bandung, Course Director Strategic Forum Expertise Sdn Bhd Kuala Lumpur, Malaysia (sejak 1995), Dosen tetap dibeberapa perguruan tinggi untuk program S1 Jurusan Teknologi Industri (sejak 1993) dan program pasca sarjana (S2) Teknik & Manajemen Industri (sejak 1992).

JADWAL TRAINING 2017 :

16-17 Februari 2017                                   
16-17 Maret  2017                                                
18-19 April 2017                       
18-19 Mei 2017                                                   
18-19 Juli  2017                                             
15-16 Agustus  2017                                            
18-19 September  2017                                        
17-18 Oktober  2017                                             
16-17 November  2017                                      
19-20 Desember  2017                                                       

 

Durasi Training :   2 hari

Venue :  Aston,Ibis Styles Bandung

Investment :

  • Rp 4.500.000,

 

Including :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break
  9. Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan ke hotel tempat training

Related posts

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.